Pages

Jumat, 31 Juli 2009

Belajar Barista|Barista Technics(basic)

Untuk menjadi seorang barista, hal yang perlu di perhatikan adalah kemauan kita untuk slalu belajar meningkatkan kemampuan diri kita untuk dapat menghidangkan minuman dengan rasa yang sempurna.
ada 3 hal yang sangat diperhatikan untuk menjadi Barista:
-speedity>Kecepatan seorang barista untuk menyajikan minuman kepada customer
-cleaning>kebersihan seorang barista menyajikan minuman kepada customer dengan memperhatikan kebersihan minuman alat-alatnya(gelas,soucer,barista area,equipment dll)
-taste>ini yang paling penting untuk seorang seorang barista, bisa menciptakan rasa minuman yang sempurna.
Untuk menjadi seorang barista sebelum kita masuk ke bar, terlebih dahulu kita harus menguasai:
1.coffee knowsledge, seperti mengetahui sejarah kopi,varietas kopi,proses kopi dari mentah menjadi biji kopi dll, Gunanya supaya kita mengetahui Product yang kita jual, hal itu yang paling basic dari seorang B spoonarista.
2. belajar mengenal equipment Barista seperti,Mesin kopi/coffee machine,jug,spatula,temping,Barista toll ditting grinder,dll.
3.How to steam(belajar stem yang benar)bagi seorang barista pemula,hal yang agak sedikit menakutkan adalah waktu steam susu,karna semburan dari stem wan itu sangat panas, hal itu yang membuat seorang barista pemula agak sedikit ragu untuk mensteam susu.
4.setelah itu belajar tamping bubukkopiyang keluar dari grinder,mengunakan tenaga kita karna dari hasil tampingan itu bisa sangat berpengaruh pada kopi/espresso basic yang kita hasilkan.
5.pourer/pouring espresso, espresso yang baik ada berbagai pendapat para barista mengatakan 20-25 detik-,ada juga yang mengatakan 26-28 detik,tapi secara universal adalah 20-30 detik adalah espresso yang baik.hal yang di perhatikan intuk menciptakan espresso yang benar,kita kembali lagi kepada biji kopi yang bagus, settingan grinder yang benar,tampingan yang baik, dan pouring timming espresso yang benar, yaitu 20-30 detik.




6.tekhnik penuangan steam milk ke gelas harus di sesuaikan dengan jenis gelas yang digunakan.

0 komentar: