Pages

Minggu, 19 Juli 2009

Cappucino & latte


Cappuccino adalah minuman yang dibuat dari espresso dan susu. Cappuccino biasanya campuran 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 steam milk berbentuk foam. atau ada istilah lain adalah minuman kopi yang lebih banyak kopinya dari pada susunya

di itali,eropa dan amerika cappuccino diminum hampir selalu hanya pagi-pagi untuk makan pagi. dan di n negara lain cappuccino diminum sepanjang hari atau setelah makan malam.

Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu. Bila seorang barista profesional memanaskan susu unutk cappuccino, ia harus menciptakan perfectfoam dengan memasukkan busa-busa udara yang sangat halus ke dalam susu. Hal ini membuat susu itu sangat halus dan terasa manis.

Idealnya cappuccino dibuat di sebuah cangkir kopi keramik yang mempunyai daya simpan panas yang jauh lebih baik daripada gelas atau kertas. .

Kalau coffee latte adalah 2/3 susu dan 1/3 expresso,bedanya dengan cappucino coffee latte foam latte lebih smothies daripada cappucino,perbandinganya kalo foam cappucino sekitar 5cm dari permukaan gelas,atau sedikit mengembung keatas,latte 2cm foam dan flat di permukaanya.
Di tempat-tempat tertentu, barista yang profesional menciptakan latte art ketika menuangkan susu yang telah dipanaskan dengan tepat ke dalam espresso, sehingga menciptakan desain-desain tertentu seperti apel, hati, daun, dan rangkaian daun.atau yang di sebut Rosseta.

1 komentar:

Ngopi Kita mengatakan...

https://ngopikita.com/